VISI

 “Unggul dalam Teknologi danPendidikan Kejuruan”

“Excellent in Technologyand Vocational Education”

 

Visi ini diprediksi dapattercapai pada tahun 2020 dengan asumsibahwa yang dimaksud:

1.  Unggul adalah lebih baikdibanding dengan Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (LPTK).

2.  Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuanpraktis.

3.  Pendidikan kejuruan adalah suatuproses pembelajaran keahlian tertentubeserta evaluasi berbasis kompetensi yang mempersiapkan siswa menjadi tenagakerja.

Jadi FT Unesa lebih baikdibanding LPTK lain dalam hal metode ilmiah untuk mempersiapkan siswa bekerja karenaFT Unesa:

1.  Seluruh prodi kependidikanterakreditasi A, prodi non kependidikan 50% terakreditas A dan 50%terakreditasi B.

2.  Mempunyai LembagaSertifikasi Profesi (LSP1) yang siap memberikan sertifikat profesi bagi lulusanFT Unesa.

3.  Mempunyai pusat kajianrobotika yang bertaraf internasional.

Penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran, danstrategi Fakultas Teknik Unesa diawali dengan rapat pimpinan fakultas dan jurusan melalui curah pendapat untuk menghimpun ide dan pendapat dari seluruh pimpinan. Ide dan pendapat tersebut selanjutnya dikaji dengan mengacu pada Renstra Kemendikbud dan Renstra Unesa. Hasil kajian selanjutnya dikaji lagi secara lebih mendalam oleh pimpinan fakultas.Hasil kajian kemudian dibahas dalam rapat senat fakultas hingga diperoleh rumusan visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi FT Unesa. Rumusan selanjutnya disosialisasikan kepada internal stakeholders(dosen, karyawan, mahasiswa dan juga eksternal stakeholders (sekolah, industri, serta pihak terkait) melaluikerjasama program, diskusi, seminar, pameran hasil karya dengan dilengkapi media dalam bentuk banner,leaflet, serta brosur.


MISI


1.  Menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja global dan perkembangan iptek yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

2.  Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, kualitas sarana dan prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran secara berkesinambungan.

3.  Mengembangkan riset dalam bidang teknologi dan pendidikan kejuruan yang dilandasi profesionalisme untuk diterapkan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan dunia pendidikan.

4.  Membangun institusi yang sehat, efisien, efektif, produktif, transparan, akuntabel, sejahtera, dan berkeadilan.

5.  Mengembangkan jalinan kerjasama dengan lembaga nasional dan internasional terkait secara berkelanjutan.

6.  Menghasilkantenaga kependidikan dan nonkependidikan yang kompeten, profesional, religius,kreatif, mandiri, dan berjiwa pemimpin serta berkemampuan kewirausahaan.


TUJUAN


1.  Meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja global dan perkembangan iptek mengacu pada Standar Nasional Pendidikan

2.  Terpenuhinya kuantitas dan kualitas dosen, tenaga kependidikan, sarana, dan prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran secara berkesinambungan.

3.  Terwujudnya hasil penelitian dalam bidang teknologi dan pendidikan kejuruan yang dilakukan oleh semua dosen, yang kemudian dilaksanakan dalam pengabdian kepada masyarakat.

4.  Terwujudnya sistem manajemen perguruan tinggi yang sehat, efisien,efektif, produktif, transparan, akuntabel, sejahtera, dan berkeadilan.

5.  Terwujudnya jaringan kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi,organisasi profesi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

6.  Terwujudnya lulusan yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.